Rabu, 14 Agustus 2019

Fitrah Seksualitas, 3 Bekal Penting Orangtua Mempersiapkan Aqil Baligh Anak Bersamaan


Anak-anak hanya sebentar ada di pelukan orangtua, 15 tahun maksimal.

Oleh karena itu orangtua perlu mempersiapkan anak-anak menuju akil baligh yang bersamaan. 

Akil baligh bersamaan artinya orangtua mampu memberi pondasi agama yang kuat sehingga anak mampu menjadi dewasa, bertanggung jawab, dan mandiri. Anak tahu dan menjalankan kewajiban syariatnya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Terus hal apa saja yang perlu orangtua persiapkan agar bisa membersamai anak menuju akil baligh?

1. Komunikasi Produktif

Sejak kecil bila orangtua terbiasa berkomunikasi produktif dengan anak maka masa-masa kritis 10 tahun menanamkan fitrah keimanan dan mengenal diri akan lebih hangat juga terbuka.

Ibu menjelaskan tentang menstruasi, ayah cerita tentang mimpi basah, kemudian anak-anak  bisa menceritakan dengan nyaman dan aman apa yang sedang mereka hadapi juga alami. Pelukan nyaman juga tidak canggung orangtua berikan ketika merasakan ketakutan anak. 

Bagaimana komunikasi produktif dengan anak? Kalimat pendek dan jelas, gunakan suara ramah, dan katakan yang orangtua inginkan.

"Nak, ibu mau kamu meletakkan kembali mainan ke rak semula."
"Terima kasih telah mengembalikan mainan. Kamu hebat, bertanggungjawab."

Bermula dari komunikasi produktif yang fokus ke solusi dan masa kini maka terbangun kelekatan sehat kuat antara anak dengan orangtua. Inilah bekal penting pertama.

Lanjuuut!

2. Memberikan contoh nyata apa itu menjalankan syariat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab

Ayah mengajak anak laki-laki sholat di masjid. Ketika anak masih 3-6 tahun maka ayah tahu bahwa anak akan lebih fokus pada bermain tetapi perlahan ayah jelaskan aturan jika berada di masjid. Pelan-pelan anak juga akan paham bahwa di masjid tempat sholat. 

Bagaimana bersikap dan apa yang harus dilakukan? Anak akan mengobservasi dan meniru apa yang ayah lakukan.

Ibu juga mencontohkan sholat di rumah karena sebaiknya perempuan sholat di rumah. Wajib sholat di masjid adalah laki-laki.

Syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. Rukun islam yang ayah ibu contohkan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, anak akan meniru. 

Anak tumbuh dengan ada teladan jadi apa nantinya anak ya sekarangnya orangtua. Artinya teladan apa yang diberikan orangtua, itulah masa depan anak.

So make it best to imitate for their wonderful future.

3. Mulailah menjadi sahabat anak

0-2 tahun sebaiknya orangtua puas "mengendalikan" anak. 

"Mumpung belum bisa protes."

Yups, puas-puasin deh pilihin baju terus beliin mainan yang mungkin dulu gak sempat orangtua miliki. Kok gitu ya karena ketika anak umur 3 tahun ke atas, mereka sudah punya keinginan sendiri. 

Bila orangtua terlalu dominan maka nantinya anak akan kehilangan jati diri mereka. Gak mau dong ya.

Nah maka dari itulah kesadaran orangtua akan tahap-tahap perkembangan anak wajib dimiliki agar bisa memaksimalkan potensi orangtua dan juga anak.

7 tahun ke atas, anak mulai bisa diberikan kebebasan yang bertanggungjawab. Di sini orangtua sudah mulai berperan ganda. Kadang jadi orangtua yang mengingatkan batasan, kadang jadi sahabat yang selalu ada buat anak untuk cerita apapun.

15 tahun anak tuntas fitrah seksualitas. Anak nyaman terbuka ke orangtua maka ayah ibu bisa "mengontrol" anak dengan lebih bijak, hangat, dan penuh cinta.

#Hari7
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP
#Bunsay4Bekasi
#Level11Bunsay4Bekasi

Referensi

Materi Pentingnya Aqil Baligh Secara Bersamaan adalah tema 5 yang disampaikan oleh Desi A, Vero, Yuli, Diana di kelas Bunda Sayang Batch 4 Bekasi

Diskusi WA Grup kelas Bunda Sayang  Batch 4 Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar